Sabtu, 13 Juni 2009

Kasus-Kasus Mengenai Jaringan






Gambar di atas memperlihatkan Denah Ruangan Yang akan disetting Network
Luas untuk masing-masing ruangan 50mx50m dimana ke-4 ruangan tersebut berada pada gedung yang sama, settingannya adalah lab 1 & 2 digunakan untuk lab. Software dan Sistem Operasi sedangkan lab. 3 & 4 digunakan untuk Lab. Desain Grafis + Multimedia dan Troubleshooting.
Jaringan ini dibuat dengan Arsitektur Client Server dan di laboratorium Desain Grafis + Multimedia akan disetting Wifi ( Hotspot). Pada setiap laboratorium terdapat 99 unit Client dan 1 unit server, router 32 port sebanyak 3 buah dan router 16 port sebanyak 1 buah ( letak router didekat server karena disini ada seorang Administrator sehingga setiap Client akan mudah terdeteksi apabila ada masalah)
Peralatan yang dibutuhkan untuk membangun sistem jaringan seperti di atas adalah sbb:
1. Komputer 400 unit ( @ lab 100 unit)
2. Router 32-port , 12 buah (@lab 3) dan Router 16-port, 4 buah (@lab 1)
3. Konektor RJ-45, 5 box (@box 100pcs)
4. Kabel UTP, 5 roll ( @roll 300m) untuk menghitung berapa kabel yang dibutuhkan pada setiap ruangan silahkaan lihat disini
5. Etherned Card, 400 pcs ( biasanya untuk masing-masing PC sudah ada)
6. Ethernet Card Wifi , 100 pcs ( digunakan pada lab.Desain Grafis + Multimedia)
7. Acces point (Dlink,APlink,ProLink) untuk setting Wifi ( Hotspot)
8. Tang Crimping 8 buah (@lab memiliki 2 buah)
9. Kabel Tester 4 buah ( digunakan untuk mengecek apakah kabel yang dirakit sudah bagus)
Cara perakitan alat-alat tersebut dan Mengecek apakah jaringan sudah bagus silahkan lihat disini

Manfaat Dari Client Server pada sebuah Instasi / Perusahaan

Banyak dan hampir semua instasi baik perusahan swasta maupun pemerintah menggunakan Arsitektur Client Server disettingan networknya karena mempermudah pembagian sumber daya yang ada dan pembagian kerja sesuai dengan bidangnya selain juga membatasi akses yang tidak berkaitan dengan kerjaannya. Misalkan bagian Akunting akan berbeda dengan bagian HRD dari segi kerjaan, dan seorang HRD tidak dapat mengakses data-data yang penting pada bagian Akunting maka perlu dibuatkan group pada server pusat begitu juga dengan bagian-bagian yang lain sehingga seorang Atasan / Administrator akan mudah mengawasi kinerja dari si client ini, apakah dia bekerja sesuai dengan aturan atau tidak inilah salah satu manfaat dari dibangunnya Arsitektur Client Server dapat mengorganisasikan pekerjaan sesuai dengan tujuan dan spesifikasinya.
Akan tetapi Arsitektur ini pun tentunya masih memiliki suatu kelebihan dan kekurangan
Kelebihan Client Server pada sebuah Instasi / Perusahaan
1.Lebih mudah pengaturannya apabila Networknya besar
2.Semua data dapat dibackup pada suatu lokasi sentral
3.Mempermudah dalam pengawasannya
Kerugian Client Server pada Instasi / Perusahaan
1.Membutuhkan software NOS yang mahal contoh : NT atau server Windows 2000, XP,Novell, UNIX
2. Membutuhkan hardware yang lebih tinggi dan mahal untuk mesin server
3. Membutuhkan administrator yang professional
4. Mempunyai satu titik lemah jika menggunakan satu server, data user menjadi tak ada jika server mati.

Pembuatan Client Server

Langkah-langkah setting jaringan dengan teknik Client Server adalah sebagai berikiut
( Sistem Operasi dengan Windows Server 2000)
A.Membuat User
Start -> All Program -> Administrative Tool -> Active Directory User and Computer


maka akan muncul..

Untuk Membuat User baru klik kanan pada area kosong New->User atau megeklik gambar orang yang sendirian maka akan muncul...



isikan data! setelah selesai Isikan password dan Confirm Password ( untuk user tersebut Alisha Fatah) agar si user tidak dapat merubah dan password tidak berubah setiap saat maka si Administrator perlu memberikan ceklis (v )



kemudian pilh Next sehingga muncul..


kemudian klik finish maka akan terlihat user yang baru kita buat tadi..




Agar dapat login dari computer lain si user ini maka perlu diuatkan batasan
Dengan cara mengklik tombol Log On To di tab Account



Pada ganbar diatas terlihat yang dimasukan nama computer Purchasing dan Akunting, sehingga akun tersebut hanya dapat digunakan untuk login dari kedua computer tersebut.
B. Membuat Group
Klik Menu Action -> New -> Group

Isikan data group… kemudian klik OK


setelah semua selesai...sekrang kita menuju...
Membuat Sharing Directory dan File
Pilih drive atau file yang akan disharing! kemudian Klik Kanan Mouse lalu pilih Sharing -> kemudian setelah mengisi semua data yang diperlukan klik OK!
Untuk Sharing Printer hampir sama dengan sharing direktori, pada printer sharing yang dimasuksudkan untuk berbagi printer di dalam jaringan. Langkah-langkahnya
Klik Start -> setting -> Klik Printer -> pilih printer yang di-sharing-kan, klik kanan mouse , lalu pilih sharing -> isikan data pada kotak kemudian tampil nama printer yang akan disharing.


Istilah-istilah dalam Network
a. Gateway adalah gerbang / alamat yang menunjukan ip address server
b. DNS yaitu alamat/ ip address yang menghubungkan computer/network dalam jaringan web
c. Router : Menghubungkan banyak LAN namun lebih kompleks dan dapat menangani sejumlah protokol, dapat mencari jalur yang terbaik
d. Conflict IP Address terdapat ip address yang sama sehingga harus dirubah salah satu agar ip tersebut unik dan tidak berbenturan dengan alamat lainnya.
e. Network Interface Card adalah sebuah alat yang terpasang pada computer baik server atau workstation sehingga memungkinkan keduannya untuk berkomunikasi.
f. Windows NT sebuah system operasi yang digunakan khusus untuk jaringan
g. Client: computer yang meminta pelayanan
h. Server:Sebuah komputer terpusat dengan berkas-berkas umum, server dihubungkan pada HUB. Berkas al. data organisasi, daftar penjualan, data mahasiswa, rekaman data medis dll.

i. Request Time Out menandakan bahwa computer / ip address tersebut tidak terkoneksi ke jaringan.
j. PING Memeriksa koneksi dengan protokol ICMP
k. Switch penghubung beberapa computer dalam jaringan sehingga dapat berkomunkasi
l. UTP (Unshielded Twisted Pair) kabel jaringanberfungsi sebagai saluran komunikasi

Software-Software yang sekiranya dibutuhkan dalam dunia network antara lain..
1. IP Scanner
Software ini biasanya digunakan untuk memonitor jaringan lokal (LAN)dengan software ini kita bisa berbagi data /sharing data, memonitor komputer dalam satu jaringan. Software ini bisa dijalankan pada sistem operasi Windows, Linux, MAC OS X
untuk mempelajari silahkan klik disini, untuk yang mo Download masuk kesini
2. Teamviewer
Software ini digunakan untuk Remote Acces dari PC ke Server via internet jadi kita harus terkoneksi ke internet pada saat akan menggunakan software ini, selain itu Team viuwer juga dapat digunakan untuk share file,chat bahkan dengan software ini kita bisa membetulkan PC temen kita yang jaraknya jauh. eneknya lagi software ini bisa digunakan pada Sistem Operasi Windows, Apple MAC os X.
Bagi rekan-rekan yang mo nyobain software ini bisa klik disini
3. NetSupport DNA v2.1
Memonitor seluruh desktop dan melakukan troubleshooting untuk pc yang bermaslah dijaringan komputer ga usah takut kini para pakar IT sudah bersusah payah untuk menciptakan suatu software untuk mempermudah pekerjaan seorang Administrator jaringan ya…betul ni dia softwarenya NetSupoport DNA v2.1, pembuatnya software ini adalah NetSupport dan didistribusikan oleh PT. Ozone Scuritecth tapi sayangnya software ini tidak gratisan agak mahal dikit sech…untuk lengkapnya rekan-rekan bisa mengulas banyak tentang software ini silahkan masuk aja kesini
Tapi bagi Rekan yang mo download harus masuk kesini
4. LanTool
Lantool bisanya juga digunaka untuk mengelola suatu jaringan dengan client server dimana dengan software ini kita juga bisa mengirim / transfer data, seorang Administrator jaringan bisa melakukan apapun terhadap client-clientnya karena software ini memiliki fasilitas seperti, remote shutdowns, restarts atau locking workstations, logging off users computer yang akktif dalam jaringan….so tapi jangan
Bagi rekan-rekan yang mo Download disini
5. Look@Lan

Look@LAN merupakan salah satu perangkat lunak (software) yang dapat digunakan untuk melihat komputer (host) pada suatu jaringan komputer lokal atau sering disebut dengan local area network (LAN), sehingga kita dapat melihat active services atau fasilitas-fasilitas yang disediakannya.
Look@LAN menyediakan beberapa fasilitas untuk melihat IP Address, status, distance, operating system yang digunakan, hostname, netBIOS name, netBIOS user, SNMP status dan Trap. Informasi host yang sedang online/offline, operating system yang digunakan, NetBIOS dan SNMP yang ditampilkan dalam bentuk grafik.
Look@LAN hanya dapat digunakan untuk melihat komputer yang terhubung pada jaringan lokal, sehingga tidak dapat digunakan untuk jaringan yang lebih luas. download disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar