Sabtu, 14 Maret 2009

NETWORK

Network adalah sistem komunikasi data yang melibatkan sebuah atau lebih sistem komputer yang dihubungkan dengan jalur transmisi alat komunikasi memebentuk suatu sistem.

Network atau jaringan juga dapat diartikan sebagai sebuah sistem yang terdiri atas komputer, perangkat komputer tambahan dan perangkat jaringan lainnya yang saling terhubung dengan media tertentu dan aturan-aturan yang ada (protocol).

Dengan network, komputer yang satu dapat menggunakan data di komputer lain, dapat mencetak laporan di printer komputer yang lain, dapat memberikan berita kepada komputer lain meskipun berlainan area.

Network merupakan suatu cara yang sangat berguna untuk mengintegrasikan sistem informasi dan menyalurkan arus informasi dari satu area ke area yang lain.

Untuk memebetuk suatu sistem network dibutuhkan suatu software communication yang khusus, yaitu protocol.

Pertama kali network dikembangkan oleh pabrik komputer untuk membentuk jaringan kerja dari sistem-sistem komputer yang dikeluarkan pabrik bersangkutan, misalnya IBM pada tahun 1975 mengembangkan SNA (system network Architecture) yang merupakan Protocol untuk menghubungkan beberapa tipe komputer IBM dalam bentuk suatu system network.

  1. Komponen Network

komponen dari suatu network adalah node dan link.

Node adalah titik yang dapat menerima input data ke dalam network atau menghasilkan output informasi atau kedua-duanya. Node dapat berupa sebuah printer atau alat-alat cetak lain, atau suatu PC, micro computer, sampai mainframe computer yang raksasa atau modem, multiplexer.

Link adalah channel atau jalur transmisi atau carrier untuk arus informasi atau data diantara node. Link dapat berupa kabel, microwave system, laser system atau satelit system.

Network yang masing-masing node terletak di lokasi yang berjauhan satu dengan yang lainnya dan menggunkan link berupa jalur transmisi jarak jauh disebut dengan WAN (Wide Area Network), sedangkan network yang masing-masing node terpisah dalam jarak yang lokal dan menggunakan link berupa jalur transmisi kabel disebut dengan LAN ( Lokal Area Network).

  1. Topologi Network
  1. mesh

adalah dimana semua unit computer terkoneksi dengan semua computer yang ada

  1. star

beberapa node dihubungkan dengan suatu node pusat (central node atom host node) yang memebentuk jaringan seperti bentuk bintang ( star ). Semua komunikasi ditangani dan diatur langsung oleh central node.

  1. Bus

Bentuk ini menghubungkan beberapa node dalam jalur data ( bus ). Masing-masing node dapat melakukan tugas- tugas operasi yang berbeda-beda.

  1. Ring

Bentuk ini merupakan adalah dimana satu komputer terkoneksi ke komputer berikutnya sampai terakhir dan kembali ke komputer pertama.


Sumber : 1. Pengenalan komputer oleh Jogiyanto Hartono, MBA, Ph.D.

2. Materi Kuliah Jaringan Komputer oleh Mugiarso, S.Kom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar